Gua Unik di Indonesia

Posted by Dina's Diary on 8:01 PM with No comments
Keindahan dan kekayaan alam Indonesia memang tidak diragukan lagi, namun bukan hanya apa yang ada di atas bumi saja yang indah, gua-gua yang jarang terekspos juga menyimpan kekayaan dan keunikannya sendiri, bahkan sampai ada yang diselubungi dengan kisah misterius.
Gua Kontilola, Papua
Gua Kontilola, Papua
Gua Kontilola, Papua
Gua ini berada di Wamena, Papua dan dihuni oleh ribuan kelelawar. Selain kelelawar, gua ini juga memiliki banyak lukisan aneh seperti manusia dengan wajah alien yang terpatri di dinding gua. Menurut cerita penduduk setempat, lukisan tersebut tidak dibuat oleh manusia dan gua yang terletak di wilayah terpencil ini masih menyimpan banyak misteri, contohnya mengenai asal lukisan-lukisan tersebut.
Gua Pettae Kere, Sulawesi Selatan

Gua Pettae Kere
Gua ini lebih populer dengan nama Gua Leang-leang. Gua ini memiliki banyak lukisan tangan manusia dan seekor babi rusa misterius yang kelhatan dengan jelas di dinding gua. 2 orang arkeolog Belanda Van Heekeren dan Heeren Palm pernah menyusuri gua ini pada tahun 1950. Mereka banyak menemukan bukti kehidupan masa lalu, selain adanya lukisan yang diperkirakan  berusia 5000 tahun tersebut. Diperkirakan gua yang berada di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan ini berdasar arkeolog Belanda tersebut menjadi tempat berlindung bagi orang-orang pada zaman itu.
Gua Tabuhan & Gua Gong, Jawa Timur
Gua Gong
Gua Gong
Gua ini disebut gua tabuhan dangong karena dinding guanya bisa mengeluarkan nada seperti gamelan Jawa. Batu-batu Stalaktit dan stalagmit batuan kapur yang menghiasi interior gualah yang mengeluarkan nada-nada tersebut. Setiap hari, para seniman berkumpul menciptakan musik untuk para pengunjung dengan menabuh stalaktit dan stalagmit.  Gua Tabuhan berada di Desa Wereng dan Gua Gong ada di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan.
Gua Liang Kobori, Sulawesi Tenggara

Gua Liang Kobori
Di dalam gua ini terdapat 130 lukisan mengenai kehidupan Suku Muna sejak zaman pra sejarah dan telah ada sekitar 4000 tahun silam. Bila Kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai mata pencaharian Suku Muna, coba aja telusuri gua ini. Maka akan kelihatan apa saja yang dilakukan Suku Muna pada saat itu, Gua Liang Kobori ini berada di Desa Mabolu, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.
Gua Batu Cermin, Nusa Tenggara Timur

Gua Batu Cermin
Nusa Tenggara Timur jarang diekspos hal-hal unik yang sebenarnya banyak ertebaran disana. Diantaranya adalah gua yang tak kalah memikat dibandingkan gua yang sudah digambarkan diatas. Gua yang terletak di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur ini memiliki stalaktit dan stalagmit yang memungkinkan Kamu bercermin akibat pantulan sinar matahari yang masuk melalui lubang.  Gua ini ditemukan juga oleh seorang Arkeolog Belanda bernama Theodore Verhoven pada tahun 1951 dan hingga saat ini masih belum banyak dijajah wisatawan.
Nah kalau Kamu menginginkan petualangan wisata yang agak berbeda dengan biasanya, yuk Kamu boleh coba memasuki gua-gua yang unik ini. Rasakan sensasinya menikmati Indonesia dengan cara berbeda...

Categories: